SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA RIJAALUL GHAD (RG) DAN UMMAHAATUL GHAD (UG) DI PPI 259 FIRDAUS PANGALENGAN



Rijaalul Ghad dan Ummahaatul Ghad adalah sebuah organisasi santri Persatuan Islam yang berdiri tahun 1943. Nama Rijaalul Ghad untuk santri putra yang di pelopori oleh Hasan Munir, Syarif Boce, Yusuf Zamzam, Kholil dan Idris danUmmahaatul Ghad untuk santri Putri yang dipelopori oleh Maliecha, Nursiyah Boce, Khodijah dan Permasih. Kata Rijaalul Ghad dan Ummahaatul Ghad ini adalah sebuah perkataan seorang syekh yang bernama Syekh Mushthafa al-Gulayani yang berbunyi :
شبا ن ا ليو م ر جا ل الغد و بنا ت اليو م ا ا مها ت الغد
“Pemuda-pemuda masa sekarang adalah (calon) bapak-bapak pada masa yang akan dating dan pemudi-pemudi di masa sekarang adalah (calon) ibu-ibu masa yang akan datang”
Dengan sebuah sya’ir yang diungkapkan:
ان في يد الشبا ن امر الأمة و في ا قدا مهم حيا ته
Sesungguhnya pada tangan pemuda-pemudalah urusan ummat dan pada gerak-derap kaki mereka kemajuannya”
Dua ungkapan diatas memeberikan sinyal bahwa Rijaalul Ghad (RG) dan Ummahaatul Ghad (UG) adalah genarasi muda yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang dengan segala dididkan dan latihan kepemimpinana yang telah dialami sejak muda, Sehingga RG-UG Sangup mengemban amanat dalam melanjutkan para pendahulunya .
Sebelum berdirinya organisasi santri yang bernama Rijaalul Ghad dan Ummahaatul Ghad di Pondok Pesantren Firdaus Pangalengan, awalnya nama organisasi santri di Ponpes Firdaus ini adalah Ikatan Santri Firdaus (ISFI) karena masih milik yayassan. Organisasi santri yang bernama Ikatan Santri Firdaus (ISFI) ini didirikan oleh Ustadz Jafar Sidiq dan Ustadz Muhammad Uun Sukmawan yang berdiri sekitar bulan desember tahun 1990. Program kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh ISFI adalah Muhadloroh yang bertujuan agar semua santri dapat merasakan bagaimana rasanya tinggal diasrama walupun hanya satu hari.

Kemudian sejak dari disahkannya Pondok Pesantren Firdaus menjadi Pondok Pesantren Persatuan Islam No 259 Firdaus Pangalengan yang diresmikan pada tanggal 17 Februari 2013 M / 1434 H. Organisasi Ikatan Santri Firdaus (ISFI) di alihkan menjadi Rijaalul Ghad (RG) dan Ummahaatul Ghad (UG). Pada masa jihad RG-UG yang pertama, kepemimpinan Rijaalul Ghad (RG) dipimpin oleh santri yang bernama Sandi Adrian dan kepemimpinan Ummahatul Ghad (UG) dipimpin oleh Nuhayati.


 Perbedaan antara Ikatan Santri Firdaus (ISFI) dan Rijaalul Ghad (RG)-Ummahaatul Ghad (UG) tidak jauh berbeda dan memiliki tujuan organisasi yang sama. Perbedaannya ISFI itu semua tergabung menjadi satu dalam satu organisasi, sedangkan RG-UG itu sendiri terpisah, ikhwan dengan ikhwan, dan akhwat dengan akhwat.

@ Kominfo RG-UG PPI 259 Firdaus Angkatan VI

Sumber :
- https://www.facebook.com/1531061380494736/posts/sejarah-rijaalul-ghad-wa-ummahaatul-ghadperjalanan-dan-perjuangan-persatuan-isla/1615385702062303/
- Dokumen Pembina RG-UG PPI 259 Firdaus

Posting Komentar